April 28, 2024

kalpostonline.com

Edukatif & Berintegritas

Makmur Melawan, Pimpinan Bakal Bahas Pergantian Ketua DPRD Kaltim

Sarkowi V Zahri saat menemui pengunjuk rasa di gedung DPRD Kaltim, Senin (5/7/2021)

SAMARINDA, KALPOSTONLINE | Rencana pergantian Ketua DPRD Kaltim Makmur HP menyita perhatian masyarakat, pengunjuk rasa yang pro dan kontra pun mewarnai aksi di “jalanan”. Misalnya aksi unjuk rasa di gedung DPRD Kaltim, Senin (5/6/21) yang dilakukan oleh Barisan Oposisi Rakyat Nasional Elaborasi Organisasi Kalimantan Timur (BORNEO KALTIM) yang menuntut segera dilakukan pergantian demi memperlancar kinerja deewan.

Aksi mereka ini direspons sejumlah politisi Golkar di DPRD Kaltim dan diakomodir unsur pimpinan Wakil Ketua DPRD Kaltim seperti Muhammad Samsun dari Fraksi PDI dan Seno Aji dari Fraksi Gerinda. Namun, Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Golkar belum dapat mengambil keputusan.

“Ada surat yang datang ke DPRD dari kuasa hukum Pak Makmur , bahwa Pak Makmur melakukan banding ke Mahkamah Partai Golkar sehingga kami juga harus menghargai hal itu. Tapi, di sisi lain Fraksi Partai Golkar meminta untuk rapat pimpinan dan Bapak Andi Harahap selaku ketua fraksi sudah menyetujui hal itu, besok (Selasa 6/6/21) kita akan lakukan rapat pimpinan terkait masalah pergantian Ketua DPRD,” ujar Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji kepada wartawan usai rapat menemui pengunjuk rasa.

Seno Aji kepada pepngunjuk rasa juga mengungkapkan tentang mekanisme pergantian Ketua DPRD sebagaimana diatur dalam tata tertib dewan.

“Jadi tadi para pemuda meminta progres pergantian Ketua DPRD dan kami juga menjelaskan kepada mereka bagaimana proses – proses yang ada di kedewanan ini terutama yang ada di koridor hukum di negara ini, dan mereka paham,” kata politisi muda ini menjelaskan.

Seperti diketahui, puluhan massa yang tergabung dalam BORNEO KALTIM melakukan unjuk rasa di depan gedung DPRD Kaltim. Pengunjuk rasa ini ditemui anggota Fraksi Partai Golkar seperti Andi Harahap, Sarkowi, Yusuf Mustapa  dan yang lainya. (AZ/AK)

Penyunting: Hery Kuswoyo

Admin

Silakan Dibagikan

Tinggalkan Balasan

%d bloggers like this: