April 28, 2024

kalpostonline.com

Edukatif & Berintegritas

Pakaian Adat Warnai Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022

Sufian Agus

SAMARINDA, KALPOSTONLINE | Setiap tanggal 1 Juni seluruh komponen bangsa dan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila.

Secara Nasional Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 dihadiri Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Dilaksanakan dengan upacara secara hybrid (luring dan daring) di  Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja Kecamatan Ende Utara, kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pada hari Rabu tanggal 1 Juni 2022 pukul 09.00 Wita.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim, H. Sufian Agus menyampaikan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 untuk Provinsi Kaltim mengikuti upacara yang oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada hari Rabu tanggal 1 Juni 2022 pukul 09.00 Wita. Bertempat diruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim secara Online melalui zoom meeting.

Sama dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan Hari Lahir Pancasila juga dilaksanakan secara luring dan daring, dimana Provinsi Kalimantan Timur juga mengikuti secara online melalui jaringan zoom meeting serta juga berpakaian adat, beber Sufian.

“Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 yakni ” Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”. Tema tersebut sudah disiapkan oleh pusat,” ucap H. Sufian Agus  ditemui diruang kerjanya, Selasa (31/5/2022).

Dijelaskannya, peringatan upacara Hari Lahir Pancasila  dilaksanakan setiap tahunnya, yang juga merupakan salah satu pelaksanaan  dari Permendagri nomor 29 Tahun 2011 tentang Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila.

Kemudian, di tahun 2022 ada edaran dari BPIP dan Kementerian Dalam Negeri kita tidak melaksanakan di daerah hanya mengikuti  kegiatan Hari Lahir Pancasila di NTT yang dihadiri langsung Presiden RI, Joko Widodo, terangnya.

Lanjut dikatakannya pelaksanaan upacara tidak memakan waktu lama, hanya setengah Jam saja pelaksanaannya. Bahkan imbauan tersebut disampaikan tidak hanya kepada Gubernur saja tetapi kepada semua Kementerian, BUMN, BUMD, kemudian ada Bupati, Wali Kota dan masyarakat yang mau mengikuti kegiatan hari Lahir Pancasila.

Tidak hanya itu, Pelaksanaan kegiatannya  live secara langsung melalui link tautan yang disediakan maupun melalui Instagram, Facebook, semuanya disiapkan media-medianya secara luas untuk masyarakat. Serta diminta juga oleh Kemendagri mengenakan pakaian adat jika yang mengikuti secara langsung  menggunakan link tautan yang disediakan, urainya.

“Untuk persiapan acara Rabu 1 Juni 2022 di Prov. Kaltim sudah mencapai 90 persen lebih.Namun, sebelum acara dimulai akan test modul terlebih dulu pada pukul 08.00 WITA. Kemudian, kesiapan undangan sudah semua dan beberapa Forkopimda yang menyatakan hadir, “ terangya kembali.

Dalam peringatan hari Pancasila tahun ini Sufian berharap  memperingati hari lahirnya Pancasila artinya kita kepada seluruh rakyat khususnya di Kalimantan Timur bagaimana kita mengingat kembali Ideologi Pancasila bisa menyatukan rakyat indonesia. Kita ketahui sendiri bahwa Indonesia terdiri beberapa pulau bermacam – macam suku dan agama bisa menyatu dengan adanya Pancasila.

“Mengingatkan kembali kepada generasi penerus kita anak muda artinya persatuan dan kesatuan yang diikat melalui Ideologi pancasila ini sangat perlu sekali. Generasi muda kita perkuat diri harus sadar jangan sampai terprovokasi melalui berita – berita hoaks yang tidak bertanggung jawab,” tutupnya. (Adv)

Admin

Silakan Dibagikan

Tinggalkan Balasan

%d bloggers like this: