May 18, 2024

kalpostonline.com

Edukatif & Berintegritas

Hardiknas 2024, Disdikbud Kaltim: Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar

Upacara Hari Pendidikan Nasional 2024, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Kaltim

SAMARINDA, KALPOSTONLINE | Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim menggelar perayaan Hari Pendidikan Nasional 2024, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Kaltim. Dimana sebagai Pembina Upacara Pj Gubernur Kaltim. Dalam Upacara Pj Gubernur Kaltim Dr. Drs. Akmal Malik. Membacakan pidato Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Mengambil tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”, Hardiknas 2024 merupakan momen tahun kelima bagi Mendikbudristek,”Lima tahun terakhir ini adalah waktu yang sangat mengesankan dalam perjalanan kami di Kemendikbudristek. Menjadi pemimpin dari gerakan Merdeka Belajar semakin menyadarkan kami tentang tantangan dan kesempatan yang kita miliki untuk memajukan pendidikan Indonesia,” tutur Nadiem.

Usai upacara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim yang di wakili Sekretaris Disdikbud Kaltim Yekti Utama menegaskan jika Disdikbud Kaltim berkomitmen untuk melanjutkan program merdeka belajar, sesuai dengan arahan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Menurutnya, perayaan Hardiknas dirangkai dengan prosesi upacara di Kantor Gubernur Kaltim.
“Tahun ini kita komitmen untuk tetap melanjutkan program Merdeka Belajar, sesuai dengan arahan Kemendikbudristek,” tegasnya.

Lanjutnya, Pemerintah Provinsi bersama Disdikbud Kaltim tahun ini juga melakukan penguatan sarana prasarana sekolah. Mulai dari papan interaktif, pojok baca, serta pembagian alat musik tradisional sebagai penunjang kreativitas siswa-siswi di sekolah.

“Penguatan sarpras ini juga untuk meningkatkan semangat belajar dan kemajuan sektor pendidikan di Kaltim,” jelas Yekti.

Kemudian, Yekti menyebut salah satu program yang dianjurkan untuk setiap sekolah yakni kegiatan tour museum bagi siswa dan siswi. Ini sebagai media belajar bagi mereka, menambah wawasan sejarah serta budaya bagi para pelajar.

Ada program sekolah masuk museum, ini harus digencarkan ya supaya mereka bisa mencintai budayanya sendiri dan pengetahuan sejarah yang mereka belum pahami,” ungkap Yekti.

Dengan adanya program dan penguatan sarpras tadi, Disdikbud ingin pendidikan di Kalimantan Timur mengalami kemajuan secara bertahap. Menghadapi Ibu Kota Nusantara (IKN), dibutuhkan SDM yang berkualitas nantinya.

“Apalagi kita menghadapi IKN, tentu di sini kita membentuk sumber daya manusia yang berkualitas,” pungkasnya.(QR/ADV/Disdikbudkaltim).

Admin

Silakan Dibagikan

Tinggalkan Balasan

%d bloggers like this: