August 13, 2022

kalpostonline.com

Edukatif & Berintegritas

Kejati Kaltim Gelar Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum di Balikpapan

SAMARINDA, KALPOSTONLINE | Jumat tanggal 24 Juni 2022 sekira pukul 09.00 WITA, di Hotel Horison Sagita Jl. Mayjend Sutoyo No.69 Klandasan Ilir Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan telah dilaksanakan pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum jenjang SMA/SMK/MA/SLB (Tuna Daksa) Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2022 di Kota Balikpapan.

“Sebelumnya para peserta Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum se Kota Balikpapan mengajukan karya tulis inovatif selanjutnya dilakukan seleksi terhadap karya tulis inovatif yang diajukan, sehingga didapati 10 peserta guna dipertandingkan pada tingkat Kota Balikpapan. Kegiatan ini diikuti oleh pelajar jenjang SMA sederajat pada tingkat Kota Balikpapan yang diikuti sebanyak 10 peserta yang terdiri masing-masing peserta adalah 1 (satu) orang pelajar laki-laki dan 1 orang pelajar perempuan sebagai berikut :

“Ananda Zakiyyah Salzabillah asal SMAN 1 Balikpapan. Dimas Ari Muzaqi Putra, Athaya Nur Khayyirah asal SMAN 9 Balikpapan, Zakaria Fattawari, Dwi Rizkie Maulidah Pratiwi asal SMAN 3 Balikpapan, Marcellio Maulana Sholik, Celenadin Qudratu’ain asal SMAN 5 Balikpapan Upaya. Muhammad Hijrah, Syahrir Adnan Maulana asal SMKN 4 Balikpapan. Ira Alfina Rahman dan Irsheli Rahmawati asal SMAN 2 Balikpapan. Dhafin Ikram Kusuma dan Kevin Wijaya asal SMAN 5 Balikpapan. Adela Derian Loe dan Joana Alya Varojahan Sinaga asal SMAN 1 Balikpapan. Fandy Novianto Herlambang dan Benediktus Aldreno Fabian Wowor asal SMAN 1 Balikpapan. Nana Nur Rachmawati dan Indra Khoirul Amin Setiawan asal SMAN 5 Balikpapan,” ujar Kasi Penkum dan Humas Toni Yuswanto SH MH.

Lanjutnya, Kegiatan pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum ini dibuka langsung oleh Ibu Amiek Mulandari, SH.MH Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur dan dihadiri langsung oleh Bapak Anwar Sanusi, S.Pd.,M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur, Muhamad Sumartono, SH.MH Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur, Ardiansyah, SH.MH Kepala Kejaksaan Negeri Balikpapan, Bapak Tauifiqurohman, S.Pd.,M.Si Plt. Kabid Pembinaan SMK pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Kaltim, Perwakilan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, Para Juri dari Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur dan Kejaksaan Negeri Balikpapan, dan para guru pembimbing beserta peserta pemilihan duta pelajar sadar hukum.

Dalam sambutannya Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur menyampaikan Bahwa pelaksanaan Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum Jenjang SMA/SMK/MA/SLB (Tunda Daksa) Tingkat Kab/Kota Se-Kalimantan Timur kali ini adalah merupakan pelaksanaan yang ke 3 kali, karena sebelumnya pertama kali dilaksanakan yakni pada Tahun 2020, dan pelaksanaan kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur dengan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Timur hal tersebut sesuai dengan pasal 33 huruf a UU No. 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan RI sebagaimana diubah dengan UU No 11 Tahun 2021 tentang perubahan atas UU No.16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan RI yakni dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, Kejaksaan membina hubungan kerja sama dan komunikasi dengan lembaga penegak hukum dan instansi lainnya. Dan Kota Balikpapan sebagai pusat bisnis dan industri di Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu dari 3 gerbang menuju Ibu Kota Negara yang baru, memiliki wilayah yang sangat strategis dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat besar dan memiliki penduduk yang sangat majemuk.

Seiring dengan perkembangan perekonomian yang begitu cepat di kota Balikpapan tidak menutup kemungkinan akan memunculkan beberapa permasalahan hukum yang begitu kompleks juga, oleh karenanya untuk mengatisipasi semuanya itu diperlukan langkah yang cepat dan tepat yang salah satunya perlu membekali generasi muda khususnya di Kota Balikpapan dengan pengetahuan tentang hukum. Sehingga diharapkan kedepannya dengan pengetahuan hukum sejak dini akan menciptakan generasi muda yang sadar akan hukum dan dapat menjahui dari hukuman.

Selain itu, Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdasakan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. oleh karena itu pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa harus dikembangkan potensinya kearah yang positif salah satunya diberikan pemahaman hukum melalui pembinaan atau pembentukan pelajar sadar hukum yang secara tidak langsung akan membentuk karakter para pelajar terkait hukum yakni kejujuran, tanggung jawab, disiplin, toleransi dan peduli pada lingkungan dan sosial serta dapat bertindak lebih bijak dengan mematuhi ketentuan yang berlaku. Melalui kegiatan pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum jenjang SMA sederajat se-Kaltim tahun 2022 ini saya berharap dapat melahirkan pelajar-pelajar sadar hukum, yang dapat menjadi agen perubahan (agent of change) di tengah masyarakat khususnya di lingkungan sekolah masing-masing, serta dapat menularkan hal-hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga ketertiban dan ketentraman umum dapat terpelihara ditengah kehidupan masyarakat.

Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum jenjang SMA/SMK/MA/SLB (Tuna Daksa) Tingkat Kota/Kabupaten Tahun 2022 di Kota Balikpapan diperoleh juara sebagai berikut : Juara I : SMAN 5 BALIKPAPAN Karya Ilmiah : “SI APIK” Sebagai Upaya Pemberantasan Berita HOAX Di Kalangan Remaja – Kevin Wijaya – Adela Derian Loe Juara II : SMAN 5 BALIKPAPAN Karya Ilmiah : Upaya Antisipasi Perundungan Melalui Si ADULL – Indra Khoirul Amin Setiawan – Eka Putri Anggraini Juara III : SMAN 1 BALIKPAPAN Karya Ilmiah : Bisgu Lingkungan, Sebuah Upaya Berbasis Digital Bermetode Self-learning dengan Tujuan Meningkatkan Kesadaran & Pemahaman Generasi Muda Mengenai Lingkungan Hidup – Joana Alya Varojahan Sinaga – Fandy Novianto Herlambang Terhadap para juara I, II dan III masing-masing memperoleh uang pembinaan, piagam, dan plakat Kedepannya, kata Kasi Penkum dan Humas Kejati Kaltim para juara I,II dan III dari Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum tingkat Kota Balikpapan akan dipertandingkan kembali pada tingkat Provinsi bersama dengan para juara dari masing-masing Kabupaten/ Kota se Kalimantan Timur.

“Selama kegiatan Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum Tingkat Kota Balikpapan Tahun 2022 ini dilaksanakan dengan mengedepankan protokol Kesehatan,” pungkasnya. (ADV)

Silakan Dibagikan

Tinggalkan Balasan

%d bloggers like this: