May 18, 2022

kalpostonline.com

Edukatif & Berintegritas

Sejarah, Kapolda Kunjungi PWI Kaltim

Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto saat berkunjung ke PWI Kaltim, Senin (10/1/2022).

SAMARINDA, KALPOSTONLINE | Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto bersama sejumlah Pejabat Utama Polda Kaltim yakni Kabid Humas Kombes Pol Yusuf, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli serta Dir Propam Polda Kaltim Kombes Yudi, juga Dir Intelkam Kombes Pol Dedi Kusuma Bakti menyambangi kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim di Jalan Biola 8, Samarinda, Senin (10/01/2022).

Kehadiran Kapolda dan jajarannya disambut Ketua PWI Kaltim Endro S. Efendi, Ketua Dewan Kehormatan PWI Kaltim Intoniswan dan jajaran pengurus PWI Kaltim. Menurut Endro, untuk kali pertamanya PWI Kaltim disambangi Kapolda bersama pejabat utamanya.

“Ini sejarah bagi PWI Kaltim. Karena selama ini atau selama saya menjadi Ketua PWI Kaltim belum pernah ada kapolda yang berkunjung ke PWI Kaltim. Baru Pak Imam,” kata Endro di hadapan rombongan Polda Kaltim dan jajaran pengurus PWI Kaltim. Pernyataan Endro itu disambut tepuk tangan yang hadir.

Dalam pertemuan hangat itu, Endro mengapresiasi kerja sama Polda Kaltim dengan PWI Kaltim yang selama ini sudah sangat baik. Terutama terkait berbagai kasus pemberitaan.

“Alhamdulillah, selama ini kami PWI Kaltim selalu bekerja sama dengan Polda Kaltim, khususnya terkait sengketa pemberitaan, di mana bisa diselesaikan dengan baik dengan mengacu pada MoU Polri dan Dewan Pers,” ujar Endro.

Termasuk Penghargaan kepada Polda Kaltim dari PWI Kaltim. Menurutnya, penghargaan itu berdasarkan Indek Kemerdekaan Pers yang menempatkan Kaltim berada pada posisi 3 nasional.

“Tidak ada wartawan yang dikriminalisasi, itu juga berkat koordinasi yang baik. Jajaran Polda Kaltim sangat mampu melihat, mana kasus yang murni pers, dan mana yang terkait UU ITE,” sebut Endro.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Kaltim menyampaikan ucapan terima kasihnya atas pemberian Penghargaan kepada Polda Kaltim dari PWI Kaltim.

“Rasanya, sebenarnya saya merasa tidak pantas menerima penghargaan tersebut, karena pasti hal tersebut merupakan kerja Kapolda yang terdahulu beserta jajaran Polda. Saya hanya meneruskan,” ucap Imam Sugianto yang baru dilantik Jadi Kapolda Kaltim oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit pada Rabu (29/12/2021) di Mabes Polri lalu.

Lebih lanjut, mantan ajudan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono pada 2012 sampai 2014 ini mengharapkan, kerja sama yang sudah baik selama ini dalam mengawal pemberitaan di Kaltim dapat terus ditingkatkan. Mengingat saat ini, dengan kecanggihan dan kemajuan teknologi jajaran polri khususnya di bidang humas juga dituntut untuk bisa mengakselerasi kemajuan teknologi terutama terkait siber.

Dia pun mengajak media agar bisa bersama Polri untuk membangun narasi positif untuk kemajuan kemanan dan ketertiban di Kaltim, mengingat saat ini Kaltim adalah calon Ibu Kota Negara. Pembangunan di Kaltim, kata alumni PPSA 21 Lemhannas RI ini, akan menjadi program utama nasional.

“Saya tidak alergi atas kritik, mari memberikan pemberitaan yang objektif untuk kebaikan kita bersama. Membangun kerja sama yang baik demi kemajuan kita bersama,” tutup Alumnus Akpol 1990 ini.

Irjen Pol Drs. Imam Sugianto, M.Si dilantik sebagai Kapolda Kaltim menggantikan Irjen Pol. Drs. Herry Rudolf Nahak, oleh Kapolri. Herry Rudolf Nahak dimutasi pada jabatan lainnya di Mabes Polri, yakni sebagai Kasespim Lemdiklat Polri.

Dalam kunjungan ke PWI Kaltim tersebut, Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi menyerahkan Buku Saku Wartawan kepada Kapolda Kaltim. Buku ini berisi semua ketentuan pers termasuk di dalamnya MoU antara Dewan Pers dan Kapolri. Buku yang sama juga diserahkan Ketua PWI Kaltim kepada Kapolres Samarinda Kombes Pol Ary Fadli. Sedangkan Ketua Dewan Kehormatan PWI Kaltim Intoniswan, menyerahkan hasil Survei Indeks Kemerdekaan Pers dari Dewan Pers.

Berbalas cendera mata, Kapolda Kaltim Irjen Imam Sugianto juga menyerahkan plakat warna keemasan kepada Ketua PWI Kaltim. Sempat ramah tamah sejenak, para pengurus PWI Kaltim berkesempatan foto bersama, serta melayani wawancara para wartawan terkait berbagai persoalan di Kaltim. (*)

Silakan Dibagikan

Tinggalkan Balasan

%d bloggers like this: